HUMAN RESOURCE MANAGEMENT



KATA PENGANTAR

    Alhamdulillahirabbil’alamin, Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan hidayah-Nya. Shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi Agung Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafa’atnya di akhirat nanti.
    Penulis mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat sehat-Nya, baik itu berupa sehat fisik maupun akal pikiran, sehingga penulis mampu untuk menyelesaikan tugas dari mata kuliah Psikologi Bisnis III dengan judul “Human Resource Management”.
    Penulis tentu menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak terdapat kesalahan serta kekurangan di dalamnya. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik serta saran dari pembaca untuk makalah ini, supaya makalah ini nantinya dapat menjadi makalah yang lebih baik lagi. Demikian, dan apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

I. Latar Belakang
    Harianjogja.com, BANTUL-Puluhan bekas karyawan PT. Kharisma Eksport mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul, Rabu (13/3/2019). Mereka meminta anggota dewan mendesak perusahaan agar memenuhi kewajibannya karena telah memutus hubungan kerja (PHK) secara sepihak tanpa memberikan pesangon.
    Mella Setyorini, selaku kuasa hukum eks karyawan PT. Kharisma Eksport mengatakan kedatangan kliennya ke DPRD Bantul untuk menyampaikan aspirasi karena mereka belum mendapatkan hak-haknya sebagai karyawan setelah diberhentikan sepihak oleh perusahaan. Padahal mereka sudah bekerja lebih dari lima tahun, bahkan ada yang sudah bekerja delapan hingga sembilan tahun.
    Para korban PHK tersebut, kata dia, tidak mengetahui alasan pemecatan sepihak tersebut. Pihak perusahan juga tidak pernah mengeluarkan surat peringatan sebelum memutuskan hubungan kerja. Setelah memutus hubungan kerja, perusahaan tidak memberikan hak-hak karyawannya, kecuali hanya uang tali kasih yang diberikan kepada beberapa eks karyawan saja. Nominal tali kasih juga dinilai kecil.


II. Teori
    Definisi Human Resource Management secara singkat menurut Mondy & Martocchio (2016) merupakan pemanfaatan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan organisasi, sedangkan menurut Gilley (2008) HRM sendiri berfungsi untuk meningkatkan kapasitas kinerja perusahaan, kemampuan, kesiapan kompetitif, dan pembaruan. Armstrong (2006) mendefinisikan HRM sebagai pendekatan strategi dan koheren untuk pengelolaan kemampuan di dalam organisasi yang paling memiliki nilai, baik secara individu mau pun kelompok yang berkontribusi untuk mencapai tujuannya. 


    Menurut Mondy & Martocchio (2016) Human Resource Management memiliki lima fungsi, yang mana diantaranya adalah :

  1. Staffing, adalah proses yang tujuannya memastikan agar perusahaan memiliki jumlah karyawan sesuai yang dibutuhkan, dan kemampuan yang dimiliki karyawan dapat membantu perusahaan untuk meraih tujuan organisasi.
  2. Human Resource Development (HRD), adalah proses yang bertujuan agar SDM yang dimiliki oleh perusahaan memiliki kualitas yang terus meningkat secara berkelanjutan.
  3. Compensation, kompensasi merupakan imbalan financial yang diterima oleh karyawan melalui hubungan kepegawaian mereka dengan suatu organisasi.
  4. Safety and Health, merupakan pengelolaan kebijakan mengenai kesehatan dan juga keamanan kerja karyawan
  5. Employee and Labor Relation, merupakan usaha yang mengatur secara khusus hubungan antara pihak manajemen perusahaan dengan karyawan agar selalau dalam keadaan baik serta sebagai bagian dari kesatuan sistem organisasi.
Menurut Dessler, terdapat 5 proses Human Resource Management yaitu:

  • Planning, Menetapkan tujuan dan standar; mengembangkan aturan dan prosedur; mengembangkan rencana dan perkiraan untuk di masa depan.
  • Organizing, Memberi setiap bawahan tugas khusus; mendirikan departemen; mendelegasikan wewenang kepada bawahan; membangun saluran otoritas dan komunikasi; mengoordinasikan pekerjaan bawahan.
  • Staffing, Menentukan jenis orang yang harus dipekerjakan; merekrut calon karyawan; memilih karyawan; pelatihan dan pengembangan karyawan; menetapkan standar kinerja; mengevaluasi kinerja; karyawan konseling; kompensasi karyawan.
  • Leading, Membuat orang lain menyelesaikan pekerjaan; mempertahankan moral; memotivasi bawahan.
  • Controlling, Menetapkan standar seperti kuota penjualan, standar kualitas, atau tingkat produksi; memeriksa untuk melihat bagaimana kinerja aktual dibandingkan dengan standar-standar ini; mengambil tindakan korektif, sesuai kebutuhan.

III. Metode
    Metode yang digunakan pada tugas ini melalui metode literatur yaitu mencari referensi teori yang relevan dengan kasus atau permasalahan yang ditemukan.

IV. Analisis
    Mengacu pada buku Mondy & Martocchio (2016), terdapat lima fungsi HRM, namun pada kasus ini dapat dijelaskan menggunakan salah satu fungsi yaitu fungsi Employee and Labor Relation, usaha yang mengatur secara khusus hubungan antara pihak manajemen perusahaan dengan karyawan agar selalau dalam keadaan baik serta sebagai bagian dari kesatuan sistem organisasi. Dalam kasus ini, pihak PT. Kharisma Eksport tidak berusaha menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan karyawan, karena perusahaan dengan mudahnya memberhentikan karyawan secara sepihak. Hal ini tentu menjadi masalah, karena karyawan belum memiliki persiapan untuk di PHK. Anthony (2006) menyatakan bahwa manajer harus melibatkan tanggung jawab mereka dalam menyadari dan menghargai hak karyawan.

V. Kesimpulan
    Kesimpulannya human resources management (HRM) merupakan suatu cara yang dibuat untuk mengatur sumber daya atau tenaga kerja yang ada di dalam organisasi. Sistem yang dibuat tersebut diciptakan untuk memaksimalkan setiap individu secara efektif, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai.
    Saran yang dapat diberikan untuk PT. Kharisma Eksport yakni manajemen kiranya membuat perencanaan sumber daya manusia yang terdokumentasi yang jelas, standar dan kriteria yang jelas. Program pemutusan hubungan kerja yang berlaku di PT. Kharisma Eksport belum efektif mengingat tidak adanya sosialisasi terlebih dahulu.


DAFTAR PUSTAKA
Anthony, W. P., Perrewe, P. L., & Kacmar, K. M. (1999). Human resource management: A strategic approach. Harcourt Brace College Publishers.
Armstrong, M. (2006). A handbook of human resource management practice. Kogan Page Publishers.
Dessler, G. (2011). Human Resource Management. Canada: Pearson Education.
Gilley, A., Dixon, P., & Gilley, J. W. (2008). Characteristics of leadership effectiveness: Implementing change and driving innovation in organizations. Human Resource Development Quarterly, 19(2), 153-169.
Mondy, R. W., & Martocchio, J. J. (2016). Human Resource Management (14th editi). England: Pearson Education Limited.
https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2019/03/14/511/977984/di-phk-tanpa-pesangon-eks-karyawan-pt.-kharisma-datangi-dprd-bantul-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Psychological Capital

Analisa Kasus Menggunakan Teori Human Resource Management (HRM)