Hubungan antara Psychological Capital dengan Work Engagement

     Luthans, Youssef, & Avolio (2007, p.3) mendefinisikan Psychological Capital sebagai "keadaan perkembangan psikologis positif seseorang". Secara konseptual PsyCap adalah tatanan yang lebih tinggi untuk membangun karateristik harapan, ketahanan, optimisme, dan self-efficacy. Menurut Luthans (2012). PsyCap merupakan model konseptual dari pendekatan psikologi positif ditempat kerja yang dikenal dari konsep teori psychology organization behaviour (Luthan & Youssef, 2007). POB merupakan 'studi dan penerapan kekuatan sumber daya manusia yang berorientasi positif dan kapasitas psikologisnya dapat diukur, dikembangkan dan dikelola secara khusus untuk peningkatan kinerja di tempat kerja sekarang' (Luthans, 2002b, hal 59). 


     Work Engagement didenifisikan sebagai ‘keadaan perkembangan psikologis positif seseorang, terkait pekerjaan yang ditandai dengan kekuatan, dedikasi, dan penyerapan’ (Schaufeli et al 2002: 74-74). Ciri khas pertama dari work engagement adalah penekanannya pada pengalaman bekerja daripada sikap terhadap karateristik pekerjaan (GWA; Harter, Schmidt & Hayes 2002).



     Studi sebelumnya menunjukkan hubungan langsung dan signifikkan antara PsyCap dan work engagement (Bakker, Albrecht & Leiter 2011). Model Job Demand-Resource Bakker dan Demerouti (2008) menganggap PsyCap sebagai sumber psikologis pribadi yang membuat karyawan menjadi positif dan mengarah pada tingkat keterlibatan emosional dan kognitif dalam pekerjaan terlepas dari tantangan kerja dan tuntutan pekejaan. Karyawan yang memiliki keyakinan positif dan keyakinan pada kemampuan mereka (memiliki tingkat PsyCap yang tinggi) akan mendorong energinya untuk memenuhi tuntutan di tempat kerja dan akan terlibat dalam pekerjaan mereka (Xanthopoulou et al 2007). 


DAFTAR PUSTAKA 
Gupta, Manish., Shaheen, Musarrat., The Relationship between Psychological Capital and Turnover Intention: Work Engagement as Mediator and Work Experience as Moderator. ICFAI Business School- Hyderabad, ICFAI Foundation for Higher Education University 
Jurnal Pengurusan 49 (2017) 14 pages, Galley Proof ISSN 0127-2713 Scopus, Cabell and MyCite Indexes

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUMAN RESOURCE MANAGEMENT

Psychological Capital

Analisa Kasus Menggunakan Teori Human Resource Management (HRM)