Psikologi Industri dan Organisasi

Pengertian Psikologi Industri dan Organisasi
Munandar (2001), Psikologi Industri dan Organisasi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia; dalam peranannya sebagai tenaga kerja dan sebagai konsumen, baik secara perorangan maupun secara kelompok, dengan maksud agar temuannya dapat diterapkan dalam industri dan organisasi untuk kepentingan dan kemanfaatan manusianya dan organisasinya.

http://www.referenciarh.com.br/servicos/

Psikologi industri, cenderung mengambil perspektif manajemen efisiensi organisasi melalui penggunaan sumber daya manusia. Hal ini berkaitan dengan masalah pelatihan karyawan, dan penilaian kinerja. Psikologi organisasi berkembang melalui gerakan hubungan manusia di dalam organisasinya. Hal ini berkaitan dengan pemahaman perilaku dan peningkatan kesejahteraan karyawan di tempat kerja. Topik organisasi meliputi sikap karyawan, perilaku karyawan, stres kerja. Namun tetap saja topik antara Industri dan Organisasi tidak dapat dirincikan sendiri-sendiri, karena topik keduanya saling berhubungan atau memiliki kesamaan.

Sejarah dan Perkembangan Psikologi Industri dan Organisasi
Munandar (2001), Penerapan psikologi umum di industri sudah mulai dilihat pada permulaan abad ke 20. Tahun 1901, Walter Dill Scott berbicara tentang kemungkinan penggunaan psikologi dalam periklanan. Tahun 1903 ia menerbitkan bukunya The Theory of Advertising, yang dipandang sebagai buku pertama yang membahas psikologi dengan suatu aspek dari dunia kerja (schultz, 1982: 8) tahun 1913 terbit buku lain dengan judul The Psychology of Industrial Efficiency yang ditulis oleh Hugo Muensterberg, psikolog jerman yang mengajar di Universitas Harvard. Tahun 1924 dimulai suatu seri penelitian di Illinois: apakah kelembaban mempengaruhi produksi? Apa yang terjadi jika diadakan jam istirahat? Tahun 1960 psikologi di bidang penjualan berkembang pesat (perilaku konsumen).

Munandar (2001), Psikologi sebagai ilmu mulai dikenal dan dikembangkan di Indonesia sejak tahun 1950-an. Akhir tahun 1949, terdapat kegiatan tes psikologi di Balai Psychotechniek dan Pusat Psikologi Angkatan Darat. Pada tanggal 3 Maret 1953, di bawah pimpinan Prof. Dr. Slamet Iman Santoso, didirikan Lembaga Pendidikan Assisten Psikologi, perkembangan Jurusan Psychologi FKUI dan tahun 1960 menjadi Fakultas Psikologi UI. Bagian Psikologi Kejuruan dan Perusahaan yang sekarang menjadi Bagian Psikologi Industri dan Organisasi. Pengembangan psikologi industri dan organisasi juga dipelopori oleh Bagian Psikologi Industri dan Organisasi dari dua Fakultas Psikologi lainnya, yaitu Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran (yang berdiri pada bulan september 1961) dan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada (berdiri 8 Januari 1965). 


DAFTAR PUSTAKA 
http://www.academia.edu/8744551/
Psikologi_industri Spector, Paul E. 2011. Industrial and Organizational Psychology : Research and Practice (6th ed). Handbook of Psychology, (Volume 12). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Munandar, Ashar Sunyoto. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: UI Press

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUMAN RESOURCE MANAGEMENT

Psychological Capital

Analisa Kasus Menggunakan Teori Human Resource Management (HRM)