HRM, COMPETENCIES AND JOB ANALYSIS

KATA PENGANTAR

    Alhamdulillahirabbil’alamin, Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan hidayah-Nya. Shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi Agung Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafa’atnya di akhirat nanti.
     Penulis mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat sehat-Nya, baik itu berupa sehat fisik maupun akal pikiran, sehingga penulis mampu untuk menyelesaikan tugas dari mata kuliah Psikologi Bisnis III dengan judul “HRM, COMPETENCIES AND JOB ANALYSIS”.
    Penulis tentu menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak terdapat kesalahan serta kekurangan di dalamnya. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik serta saran dari pembaca untuk makalah ini, supaya makalah ini nantinya dapat menjadi makalah yang lebih baik lagi. Demikian, dan apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

I. Latar Belakang
Fenomena alasan mengapa adanya polisi baik (good cop) dan polisi jahat (bad cop)

II. Teori
   Menurut Mondy & Martocchio (2016) Job Analysis adalah proses sistematis untuk menentukan keterampilan, tugas, dan pengetahuan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan dalam suatu organisasi. Dengan analisis pekerjaan, pekerjaan yang harus dilakukan sudah ada pada idebtifikasi. Secara tradisional, ini adalah teknik SDM yang penting dan meresap dan titik awal untuk kegiatan SDM lainnya. Menurut Armstrong (2006) kompetensi mengacu pada karakteristik dasar seseorang yang menghasilkan kinerja yang efektif atau superior.

III. Metode
    Metode yang digunakan pada tugas ini melalui metode literatur yaitu mencari referensi teori yang relevan dengan kasus atau permasalahan yang ditemukan.

IV. Analisis
Proses sistematis untuk mengumpulkan informasi terhadap aspek-apsek penting  yang dikerjakan dari suatu pekerjaan. Jadi, dapat dikatakan bahwa analisis jabatan adalah usaha untuk mencari tahu tentang jabatan atau pekerjaan yang berkaitan dengan tugas-tugas yang dilakukan dalam jabatan tersebut.
Analisis pekerjaan akan memberikan informasi mengenai uraian pekerjaan, spesifikasi pekerjaan, dan evaluasi pekerjaan bahkan dapat memperkitakan pengayaan atau perluasan pekerjaan dan penyederhanaan pekerjaan pada masa yang akan datang.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUMAN RESOURCE MANAGEMENT

Psychological Capital

Analisa Kasus Menggunakan Teori Human Resource Management (HRM)